Wednesday, November 4, 2009

"Alimpaido" Olimpiade permainan tradisional Jawa Barat

Asisten dosen Budaya Sunda memberikan tugas untuk membuat sebuah folder mengenai sebuah acara seni budaya sunda yaitu olimpiade permainan.... Tapi bukanlah permainan masa kini seperti PSP, X-Box, dan rekan sejawatnya. Ini merupakan olimpiade permainan tradisional anak - anak di daerah Jawa Barat yang disebut Alimpiado (entah apa makna dibalik ungkapan tersebut). Untuk memenuhi tugas tersebut, pada hari jumat saya ditemani 2 orang kolega berangkat dari kampus menuju ke monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang terletak di daerah dipati ukur, jika kalian brdomisili di Bandung dan sekitarnya pasti mengetahui dimana letak monumen tersebut.

Saya menginjakkan kaki di tempat itu sekitar pukul 2 siang. Ekspresi yang pertama terasa adalah PANAS. Ya matahari berada tepat seperti seharusnya siang itu, entah pergi kemana gerombolan awan mendung yang pada hari - hari sebelumnya selalu cengeng, terus menangis membasahi daratan.

Yah.. Setelah memasuki arena ternyata acara baru saja dibuka, dan akan dimulai. Pas banget, kalau saja telat datang 10 menit pasti saya akan melewatkan momen - momen yang menjadi bahan pembuatan tugas saya. Inilah beberapa rekaman adegan siang itu., ada permainan egrang, momotoran, dll..(ga tau namanya..hehehe). Semoga menginspirasi anda sekalian untuk berinisiatif membuat mainan tradisional sendiri... Semoga.



2 comments:

  1. Oh tugas budaya sunda itu teh. Kita sh udah dapat foto2ny tapi udah itu g tau harus ngapain. Hehehe. Btw itu Alimpaido artiny tidak mau disalahkan.

    ReplyDelete
  2. kbetulan saya lg cari data ttg permainan tradisional dan lg cari ttg festival.ny itu kl boleh tny yg diatas brosur dlm acara alimpaido itu?ada lg ga foto2 souvenirny atau apa gitu?hehe thx

    ReplyDelete