Monday, December 14, 2009

Mempertanyakan Pertanyaan

Manusia selalu mempertanyakan segala sesuatu yang mengganjal di pikiran. Dari mulai hal yang sepele seperti mengapa rasa kopi pagi ini lebih pahit dari biasanya sampai kepada hal yang berat mengenai keadaan negara dibawah pemerintahan yang sekarang. Sebuah pertanyaan timbul untuk mempertanyakan jawaban, mencuat ke permukaan dari balik alam pikiran terdalam di kepala dan hati manusia, dan jika jawaban itu belum cukup maka akan segera timbul pertanyaan - pertanyaan lainnya yang menyusul.

Manusia bertanya kepada apa saja. Kepada sesama manusia, kepada media komunikasi, kepada binatang, tumbuhan, dan juga kepada alam. Manusia juga seringkali mempertanyakan mengenai nasibnya kepada sosok yang dianggap Tuhan oleh masing - masing mereka. Manusia akan bertanya kepada Tuhan jika nasibnya kurang baik, tetapi terkadang lupa kepada Tuhan jika sedang mengalami nasib yang baik.

Jawaban seperti apa yang dapat memuaskan? Apa yang ingin di dengar? Hanya kita sendiri yang dapat mengetahui tolak ukur kadar jawaban yang pas untuk pertanyaan - pertanyaan kita. Tapi terkadang dalam dunia ini terdapat pertanyaan yang tidak memiliki jawaban.

No comments:

Post a Comment